Wednesday, October 12, 2016

CONTOH LAPORAN PPL BAB I

BAB I
PENDAHULUAN

A.                Latar Belakang PKM
Praktek Kompetensi Mengajar (PKM) atau Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah salah satu program dalam pendidikan Strata Satu (S1) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN STS Jambi. Yang dirancang untuk melatih mahasiswa sebagai calon guru agar dapat menguasai kemampuan yang dituntut oleh Lembaga Pendidikan dan siap mandiri mengembangkan tugas sebagai guru setelah menyelesaikan pendidikan.
Pelaksanaan Program PKM merupakan tahapan penerapan teori teori pendidikan yang diterima mahasiswa calon guru pada saat kuliah, dalam masa ini teori-teori tersebut dikembangkan dengan baik, efektif, efisien dan fleksibel sesuai dengan situasi pembelajaran yang ada sehingga akhirnya calon guru nanti akan mempunyai kemampuan profesional keguruan yang utuh yang semakin meningkat baik semasa PKM maupun setelah menjadi guru nanti.
Kemampuan yang utut dan integrasi ini secara bertahap akan terlupakan karena pada saat PKM ini mahasiswa calon guru dihadapkan langsung pada administrasi, kegiatan kurikuler, ko-kurikuler dan ekstra kurikuler maupun segala kegiatan yang berkaitan dengan pembelajaran disekolah.
Kegiatan PKM ini mulai dilaksanakan dari tanggal 29 September 2014 sampai dengan 28 November 2014, yang terdiri dalam beberapa tahap, yaitu observasi, latihan terbimbing, latihan mandiri dan uraian PKM.
Dengan hal-hal tersebut di atas maka PKM sering disebut kegiatan aplikasi dan seluruh pembelajaran di kelas. Di sisinlah seluruh bekal yang diterima mahasiswa calon guru menerapkan dengan utuh dan terintegrasi dalam proses belajar mengajar.



B.                 Tujuan Praktek Kompetensi Mengajar (PKM)
Adapun tujuan Praktek Kompetensi Mengajar (PKM) adalah sebagai berikut:
1.      Bagi Mahasiswa
a.       Memberikan pengalaman mengajar secara nyata dan latihan sejumlah keterampilan secara terpisah.
b.      Mengajar mengembangkan keterampilan mengajar sebelum mereka menggeluti lingkungan mengajar sebelumnya.
c.       Memberikan kemungkinan untuk mendapatkan macam-macam ketermpilan dan mengajar serta memahami kapan waktu dan bagaimana keterampilan itu ditetapkan.
2.      Bagi Guru
a.       Memberikan penyegaran dalam program pengajaran.
b.      Mendapatkan pengalaman mengajar yang bersifat individual demi perkembangan profesinya.
c.       Mengembangkan sikap terbuka melalui pembaharuan pendidikan.


Share this

0 Comment to "CONTOH LAPORAN PPL BAB I"

Post a Comment