Wednesday, October 12, 2016

CONTOH LAPORAN PPL BAB V

BAB V
PENUTUP

A.                KESIMPULAN
Dari hasil semua kegiatan PKM (Praktek Kopetensi Mengajar) yang dilakukan, maka penulis dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut:
1.      Dengan adanya kegiatan Praktek Kompetensi Mengajar, mahasiswa akan langsung terjun ke lapangan sehingga benar-benar paham dengan lingkungan kerja. Menghadapi siswa-siswi sebagaimana seorang guru yang sebenearnya walaupun sifatnya hanya sementara.
2.      Mahasiswa PKM harus menjalankan tugas sebagaimana guru yang sebenarnya, bukan merasa kegiatan ini hal coba-coba atau main-main, melainkan dengan kesungguhan, sehingga nantinya dapat menjadi seorang guru profesional dan siap ditempatkan dimanapun.
3.      Mehasiswa yang terjun melaksanakan PKM, benar-benar mempersiapkan diri sebaik mungkin seperti menjaga keselamatan karena dengan menjalankan PKM, tenaga dan fikiran jangan sampai bosan dan jenuh, serta sakit. Karena hal ini sangat mempengaruhi proses kelancaran kegiatan PKM. Selain itu mahasiswa juga memperhatikan penampilan yang harus menggambarkan sosok seorang guru.
4.      Mahasiswa PKM juga berinteraksi dengan baik terhadap lingkungan sekolah, baik itu kepala sekolah, dan para guru, sehingga dapat diterima dengan senang hati selama berada di lokasi sekolah.

B.                 SARAN
Adapun rekomendasi yang dapat penulis berikan pada pihak yang terkait adalah sebagai berikut :
1.      Penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dalam pembuatan laporan ini dari Dosen Pembimbing, Guru Pamong, Kepala Sekolah, dan panitia UPL (Unit Pengelola Laboratorium). Karena sebagai hamba Allah, penulis sadar akan banyak kesalahan baik dalam penulisan maupun penuturan kata-kata. Agar penulisan laporan selanjutnya dapat lebih baik lagi.
2.      Penulis mengharapkan agar pengurus UPL Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Dosen Pembiming dan unsur yang terkait dalam kegiatan PKM mengoptimalkan kunjungan mereka ke sekolah-sekolah secara merata agar selama menjalankan tugas dapat memperhatikan mahasiswa yang PKM dapat diberi arahan dan motivasi dalam melaksanakan PKM.
3.      Penulis mengharapkan kepada mahasiswa PKM berikutnya, agar dapat mencurahkan semua kemampuan di sekolah tempat ia bertugas, mematuhi peraturan-peraturan yang telah ditetapkan di sekolah, menjalin hubungan sosial yang baik dengan kepala sekolah, majelis guru, dan siswa-siswi agar mereka dapat memberikan respon yang positif sehingga kegiatan menjadi lancar dan kehadiran mahasiswa dapat diterima oleh pihak sekolah.


Share this

0 Comment to "CONTOH LAPORAN PPL BAB V"

Post a Comment