Wednesday, October 26, 2016

Tips Hari Pertama Masuk Sekolah

Hari ini adalah hari pertama masuk sekolah, banyak hal yang harus dipersiapkan dan diperhatian oleh anda yang seorang guru dan siswa, untuk para siswa, mereka tentu saja mendapatkan hal baru layaknya seragam sekolah tentunya, perlengkapan, atur jadwal makan siang, para guru baru, jadwal pelajaran dan pengaturan tempat duduk, tak lain ketinggalan adalah teman baru. Untuk para guru, tak lain juga mendapatkan banyak hal, daftar kelas, jadwal bel, pemberitahuan atau pembacaan pengumuman di hari pertama di ruang kantor kepala sekolah, daftar siswa dari staf TU. Bagi para guru dan siswa, hari pertama masuk sekolah merupakan hari yang paing penting dan berharga. Inilahhari di mana para siswa dapat menilai guru yan masuk berkopeten atau tidak, baik atau jahat, adil atau tidak, perhatian atau tidak
.

(Hari pertama masuk sekolah di SMKN 6 TEBO "siswa tampak sangat tertarik, dan rasa keinginan tahuannya sangat kuat)

salah satu rencana terpenting yang dapat kita lakukan adalah merancng pelajaran dihari pertama masuk kelas di tahun ajaran baru. Beberpa guru banyak menghabiskan jam kelasnya pada hari itu dengan mengatur tempat duduk para siswa dan membaca daftar hadir nama siswa dan peraturan sekolah yang panjang. Jika setiap guru melakukan hal yang sama dan banyak phak administrasi sekolah mendorong semua guru melakukan hal yang sama. Bahwan di 6 hari atau 7 hari pertama tepatnya satu minggu di awal masuk sekolah hanya itu saja yang dilakukan oleh guru, sebenarnya ini bukanlah kondisi yang diininginkan oleh sekolah dan guru, melainkan ini kondisi yang selama ini didepresikan oleh siswa, dan merupakan satu hal yang paling sulit untuk dipngkiri.

Tentu kita memperdulikan kedisiplinan. Tips pertama masuk di kelas "Jadilah tegas pda hari pertama masuk kelas", itulah himbauan yang disampaikan ketika kita di ruang guru. Tapi apa yang akan terjadi jika kita tdak mengontrol. Tentu saja ada ukuran dan batasan, jika kita maka siswa akan merasa terintimdasi dan takut untuk berbicara di dalam kelas. Posisi anda menegaskan kepada mereka bahwa anda adalah seorang guru, apa yang anda ingin lakukan, tugas dan fungsi anda, akan menjadi yang terbaik jika anda melakukannya secara menyeluruh dan terorganisir. Mulailah menciptakan kondisi dan suasana kelas sesuai dengan kebutuhan dan yang dinginkan oleh siswa sejak pertama kali masuk ke kelas. Jika anda mau membacakan peraturan dan kebijakan sekolah, lakukan pada hari berikutnya(AR)

Share this

0 Comment to "Tips Hari Pertama Masuk Sekolah"

Post a Comment