CONTOH LAPORAN PPL BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang PKM
Praktek Kompetensi Mengajar (PKM) atau Praktek Pengalaman
Lapangan (PPL) adalah salah satu program dalam pendidikan Strata Satu (S1)
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN STS Jambi. Yang dirancang untuk
melatih mahasiswa sebagai calon guru agar dapat menguasai kemampuan yang
dituntut oleh Lembaga Pendidikan dan siap mandiri mengembangkan tugas sebagai
guru setelah menyelesaikan pendidikan.
Pelaksanaan Program PKM merupakan tahapan penerapan teori
teori pendidikan yang diterima mahasiswa calon guru pada saat kuliah, dalam
masa ini teori-teori tersebut dikembangkan dengan baik, efektif, efisien dan
fleksibel sesuai dengan situasi pembelajaran yang ada sehingga akhirnya calon
guru nanti akan mempunyai kemampuan profesional keguruan yang utuh yang semakin
meningkat baik semasa PKM maupun setelah menjadi guru nanti.
Kemampuan yang utut dan integrasi ini secara bertahap akan
terlupakan karena pada saat PKM ini mahasiswa calon guru dihadapkan langsung
pada administrasi, kegiatan kurikuler, ko-kurikuler dan ekstra kurikuler maupun
segala kegiatan yang berkaitan dengan pembelajaran disekolah.
Kegiatan PKM ini mulai dilaksanakan dari tanggal 29
September 2014 sampai dengan 28 November 2014, yang terdiri dalam beberapa
tahap, yaitu observasi, latihan terbimbing, latihan mandiri dan uraian PKM.
Dengan hal-hal tersebut di atas maka PKM sering disebut
kegiatan aplikasi dan seluruh pembelajaran di kelas. Di sisinlah seluruh bekal
yang diterima mahasiswa calon guru menerapkan dengan utuh dan terintegrasi
dalam proses belajar mengajar.
B.
Tujuan Praktek Kompetensi Mengajar (PKM)
Adapun tujuan Praktek Kompetensi Mengajar (PKM) adalah
sebagai berikut:
1.
Bagi Mahasiswa
a. Memberikan pengalaman mengajar
secara nyata dan latihan sejumlah keterampilan secara terpisah.
b. Mengajar mengembangkan
keterampilan mengajar sebelum mereka menggeluti lingkungan mengajar sebelumnya.
c. Memberikan kemungkinan untuk
mendapatkan macam-macam ketermpilan dan mengajar serta memahami kapan waktu dan
bagaimana keterampilan itu ditetapkan.
2.
Bagi Guru
a.
Memberikan penyegaran dalam
program pengajaran.
b. Mendapatkan pengalaman mengajar
yang bersifat individual demi perkembangan profesinya.
c.
Mengembangkan sikap terbuka
melalui pembaharuan pendidikan.
Baca Juga Contoh Laporan PPL BAB II
0 Response to "CONTOH LAPORAN PPL BAB I"
Post a Comment