Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer untuk Mencegah Corona


Cara Mudah  Membuat Hand Sanitizer untuk Mencegah Virus Corona


Pandemic Virus Corona atau Coronavirus Disease (Covid 19)  semakin meluas membuat hand sanitizer  banyak di cari oleh mansyarakat, terutama pada daerah yang  sudah terindikasi oleh Covid 19. Meskipun mencuci tangan dengan sabun lebih baik, masyarakat tetap bersikeras membeli hand sanitizer.

Sebab, masyarakat meyakini, hand sanitizer sebagai salah satu upaya mengurangi pertumbuhan mikroorganisme di tangan. Berdasarkan beberapa sumber  terdapat lima bahan sederhana yang bisa Anda gunakan untuk membuat hand sanitizer.

1.    Cuka Putih

Cuka merupakan cairan yang sering digunakan dalam formula pembersih pada rumahtangga, karena berkat kemampuannya dalam melarutkan residu dan menetralkan bau. Selain itu, cairan cuka juga tidak mengandung racun dan memiliki kemampuan untuk terurai sekaligus, hal tersebut membuat cairan cuka  ramah lingkungan.

2.      Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang penuh manfaat karena berbagai alasan. Anggapan tersebut muncul dikarenakan Aloe vera, membuat lembut pada  kulit dan merupakan obat yang lumayan  populer untuk luka bakar dan iritasi.
Apabila digunakan untuk hand sanitizer, lidah buaya mampu membantu menjaga kulit tetap terjaga dan lembap serta lembut. Gel lidah buaya dapat dipakai tergantung pada kegunaan yang Anda cari.

3.    Minyak Atsiri

Minyak atsiri mungkin banyak orang yang menganggap ini kontroversial dalam beberapa budaya. Namun, minyak atsiri telah digunakan selama bertahun-tahun untuk memerangi berbagai penyakit dan infeksi.
Umumnya, minyak atsiri digunakan karena memiliki kualitas antibakteri, antimikroba, atau antijamur, termasuk minyak pohon teh, serai, kayu putih, peppermint, dan jeruk.

4.    Colloidal Silver
Colloidal silver dikenal sebagai antibiotik alami. Sifat antimikroba dari colloidal silver yang pada dasarnya adalah ion perak atau partikel nano tersuspensi dalam cairan seperti air.
Colloidal silver masih digunakan oleh para profesional medis topikal sebagai antiseptik untuk mengobati luka secara efektif. Selain itu, colloidal silver juga kerap dipakai sebagai pelapis antibiotik pada perangkat medis.
Colloidal silver tersedia di toko makanan kesehatan dan produk herbal serta situs.

5.    Alkohol

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan, formula yang mengandung lebih dari 60% alkohol adalah yang paling efektif dalam membunuh kuman.
Tapi, itu tidak berarti Anda harus menyerbu tempat yang menjual minuman keras. Sebab, kebanyakan minuman keras rata-rata hanya mengandung alkohol 40%.
Jadi, dianjurkan  lebih baik menggunakan formula yang dianjurkan pada tingkat farmasi, termasuk isopropil alkohol.

Cara membuat hand sanitizer
  1. 120 ml (setengah gelas) air yang disaring atau lidah buaya (basa)
  2. 120 ml (setengah gelas) cuka putih
  3. 10-12 tetes minyak minyak atsiri
  4. 1 sendok makan colloidal silver dan isopropil alkohol

Setelah semua bahan telah  disiapkan, campurkan ke dalam mangkuk atau wadah yang telah dibersihkan sebelumnya. Gunakan wadah atau botol yang lebih kecil untuk menggunakannya agar lebih praktis.

Catatan

Bahan-bahan di atas belum diuji secara independen, dan juga belum terdapat bukti secara ilmiah yang menunjukkan bisa membunuh atau menghentikan penyebaran virus corona. Menggunakan hand sanitizer tidak dapat menggantikan mencuci tangan secara menyeluruh, yang dianggap sebagai metode paling efektif untuk membunuh kuman


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer untuk Mencegah Corona"

Post a Comment