APA YANG HARUS GURU LAKUKAN KETIKA TIDAK MEMILIKI RUANG KELAS SENDIRI?



APA YANG HARUS GURU LAKUKAN KETIKA TIDAK MEMILIKI RUANG KELAS SENDIRI?

Selamat untuk kembali ke blog pribadi Ruang Tanpa Batas, Era milenial tentu sudah bukan hal tabu untuk kalangan guru masa kini, dan untuk mencari solusi tinggal menekan tombol piranti masukan yang terdapat pada laptop Bapak dan Ibu guru, dan tentunya harus menyambungkan terlebih dahulu jaringan akses internetnya.

Ada banyak guru yang tidak memiliki ruangan  kelas dengan fasilitas yang lengkap dan mewah. Bahkan masih banyak terdapat guru di Indonesia yang tidak memiliki ruang untuk kelasnya. Apalagi dengan fasilitas yang memadai dan cukup untuk belajar, layaknya rak buku, papan buletin, dan komputer serta perlengkapan lainya yang menunjang lancarnya proses pembelajaran. Terdapat seorang guru yang bernama Katie di dalam Buku “Buku Panduan Guru Bahasa Inggris, Edisi Ke II”  Ia merupakann seorang guru, dan tidak memiliki kelas sejak Ia mulai mengjar di sekolah yang penuh sesak dengan para siswa. Ia memiliki beberapa anjuran yang dapat diterpakan oleh para guru masa kini :

1.    Merencanakan segala sesuatu ataupun dapat kita sebut dengan planing pembelajaran, akan tetapi tidak akan menajadi krtitis ketika para guru tidak memiliki ruang kelas sendiri. Anda harus membawa  dan memindahkan segala jenis materi yang diperlukan untuk mengajar. Dalam situasi seperti ini, jika ada gerobak kecil dapat anda gunakan menjadi alat yang dapat membantu. Anda dapat meletakkan buku-buku dan materi lain ke dalam gerobak tersebut dan membawanya dari kelas satu ke kelas yang lain.
2.    Gunakan kardus untuk dibuat sebagai kotak arsip. Banyak guru yang memiliki sebuah kotak kardus, dan kemudian dapat disulap menjadi kotak arsip untuk kelasnya yang mereka tangangi. Letakkan dokumen, kertas hasil ujian/ latihan yang telah diberi nilai, dan tugas rumah ke dalam kotak arsip tersebut.
3.    Jika memungkinkan, apabila ada ruangan kelas di mana anda mengajar memiliki lemari kecil tempat penyimpanan arsip (kabinet). Maka anda dapat memanfaatkannya menggunakan kunci untuk mengamankan materi yang anda oerlukan untuk kelas yang anda tangani.
4.    Ciptakan sesbuah sistem pennyimpanan yang efektif dan efisien di rumah, untuk membantu melacak dan menemukan materi anda.
5.    Berikan tugas kepasa siswa untuk membantu anda menangani kelas dengan (seperti menyusun kelas, bangku dan meja, membagi kertas dan buku).
6.    Untuk menghemat waktu pada saat anda memulai masuk ke kelas, terlebih dahulu tulislah agenda dan informasi lain yang berkaitan, dan berikan ke kelas setelah anda masuk ke kelas.

Jika kemungkinan tidak terdapat satu pun kolega Anda yang memiliki ruangan kelas tersendiri, maka biasanya pihak sekolah memiliki prosedur tersendiri mengenai pembagian ruangan. Apstikan anda senantiasa berkomunikasi dengan kolega anda mengenai hal ini.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "APA YANG HARUS GURU LAKUKAN KETIKA TIDAK MEMILIKI RUANG KELAS SENDIRI? "

Post a Comment