TIPS BAGAIMANA CARA MENATA RUANG KELAS YANG MENYENANGKAN
BAGAIMANA CARA MENATA RUANG KELAS YANG MENYENANGKAN
Guru
yang baik tentu mengajar efektif dan selalu mengatur ruangan dengan baik,
berbagai materi yang diperlukan untuk menciptakan sebuah lingkungan belajar
yang menyenangkan dan efektif.
Hal
pertama yang harus dilakukan seorang guru agar pelaksanaan dan proses belajar
menjadi menyengankan salah satunya adalah Menata Ruangan, kenapa demikian?
Menata Ruangan
Menata
ruangan merupakan salah satu hal penting dalam proses pembelajaran. Seorang
guru yang baik tentu harus mampu membuat situasi belajar yang kondusif,
manfaatkan waktu untuk merancang tata letak meja dan berbagai macam jenis
barang sebelum proses pembelajaran dimulai. Mungkin anda merupakan salah satu
guru yang beruntung, karena mendapatkan kelas yang bernuansa artistik—sebuah
ruangan yang memenuhi seluruh fasilitas pendidikan, terdapat banyak ruangan
penyimpanan, papan buletin dan papan tulis, terdapat banyak peralatan
elektronik yang mendukung untuk belajar, dan yang terbaik adalah terdapat ruang
kosong ekstra untuk pusat aktifitas dan pembelajaran khusus. Akan tetapi
mungkin kebanyakan dari guru sekarang yang mengajar di daerah Terdepan, Terluar
dan Tertinggal mendapatkan ruang kelas yang sempit, bahkan ada yang tidak
terdapat ruang kelas sama sekali, dan itu merupakan salah satu hal yang harus
diperhatikan oleh pemerintah dan kementrian pendidikan Indonesia. Mungkin
seorang guru mempunyai kebiasaan menyusun tempat duduk atau tata letak meja
kursi dalam bentuk barisan panjang setiap semesternya, karena kelihatannya tidk
ada cara yang lebih mungkin dan efisien. Namun setiap ruangan, tetap terdapat
beberapa pilihan dan Anda harus mencoba membuat variasi dari waktu ke waktu.
Pada
gambar di atas, meja siswa disusun dalam sebuah pola lingkarang besar supaya
mereka dapat dengan mudah terlihat. Sang guru tetap menjadi bagian dari
lingkaran tersebut dan posisinya sebagai seorang figur yang memegang kendali
tidak akan begitu diperhatikan. Pengaturan seperti ini sangat membantu siswa
yang pemalu untuk menyampaikan pendapatnya atau malu berbicara di depan kelas,
siswa tersebut tidak akan merasa terlau tertekan dengan pola duduk seperti ini.
Pada
gambar di atas. Meja dan kursi disusun dlam kelompok kecil yang dapat disusun
dua, tiga atau empat meja dan kursi. Para anggota kelompok saling berhadapan
dan cukup dekat untuk berkomunikasi secara efektif. Kondisi terbaik dlam penyusunan
seperti ini adalah ketika ruangan kelas yang cukup luas untuk memuat jarak
masing masing kelompok, karena biasanya suasana seperti ini sering menimbulkan
keributan di dalam kelas. Buatlah batasan masing masing kelompok. Apabila
ruangan kelas terbatas makan anda harus ekstra dalam mengawasi masing-masing
kelompok supaya tidak gaduh di dalam proses belajar. Catatan untuk guru, jika
anda melakukan kerja kelompok di lantai tanpa menggunakan meja, hal itu bukan
merupakan solusi untuk diskusi, karena hal tersebut bukan merupakan cara yang
baik dan tidak akan kondusif untuk menciptakan kerja sama kelompok secara
serius.
Pada
gambar di atas, meja dan kursi disusun layaknya sepatu kuda, dengan bangku guru
di tempatkan pada tempat terbuka. Pengaturan seperti ini memungkinkan setiap
siswa untuk saling bertatapan, dan guru dapat dengan mudah bergerak untuk
mengawasi seluruh aktifitas siswa jika diperlukan. Beberapa guru yang ingin
menekankan terbentuknya suasana kelas yang kondusif dan kooperatif, menggeser
meja mereka menghadap dinding untuk menghilangkan rintangan yang terjadi antara
para siswa dan guru itu sendiri.
Sebuah
pilihan yang mungkin dilakukan oleh guru untuk mengatasi kondisi yang monoton
adalah dengan memindahkan kelas Anda ke tempat lain yang dekat atau masih di
lingkungan sekolah dari waktu ke waktu. Apakah di halaman, taman, lapangan
bermain, sebuah galeri seni di sekotar sekolah dimana siswa dapat menulis dan
membaca atau mempresentasikannya? Mengapa anda tidak mencoba memindahkan kelas anda di autitorium kecil
atau pustaka, sebuh ruang atau kelas kosong dengan bertukar dengan guru yang
lain dalam periode tertentu? Tentu siswa membutuhkan variasi dalam kehidupan
mereka, demikian juga para guru.
Apa
yang dapat anda lakukan ketika anda tidak memiliki ruangan kelas anda sendiri?
Referensi .
Mary Lou., 2013. Buku Panduan Guru Bahasa Inggris. Jakarta. PT Indeks
0 Response to "TIPS BAGAIMANA CARA MENATA RUANG KELAS YANG MENYENANGKAN"
Post a Comment