Belajar Bahasa Inggris Lengkap Untuk Pemula



Dalam proses belajar bahasa Inggris ada 3 bagian penting yang harus dikuasai, yakni berbicara (speaking), mendengar (listening) dan menulis (writing). Ketiganya menjadi hal wajib agar bisa memperoleh nilai TOEFL dan IELTS yang tinggi.

Berikut adalah tips meningkatkan kemampuan berbicara dan mendengar.

A. Speaking

Sebelum Anda berlatih mendengar dan menulis, baiknya tingkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris. Ini penting agar pengucapan kosa kata bahasa Inggris baik dan benar. Berikut tipsnya

  1. Memilih Buku Sesuai Kebutuhan dan Keinginan

Anda bisa memilih buku yang sesuai umur dan kemampuan. Mustahil bagi seorang pemula untuk membaca buku karya Shakespeare atau novel dalam bahasa Inggris lainnya. Tentunya akan mengganggu ketika tidak paham artinya lalu menerjemahkan per katanya.

Apabila masih pemula, Anda bisa mencoba membaca yang masih ringan penggunaan kalimatnya seperti artikel berita bahkan cerita dongeng anak-anak. Jika sudah memahami berbagai jenis bacaan tersebut baru beralih ke buku tebal dalam bahasa Inggris.

  1. Buatlah Catatan Kosa Kata Asing

Ketika sedang asyik membaca dan menemukan kata sulit, Anda bisa mencatatnya atau menggarisnya dengan stabilo lalu diterjemahkan setelah bacaan selesai. Namun apabila masih mengetahui makna kalimat tanpa mengartikannya terlebih dahulu, mungkin dapat dilewati untuk melanjutkan.

Bagi Anda yang terkesan rapi dan tidak senang melihat ada coretan di dalam buku, bisa menempelkan sebuah post it untuk menandainya. Cara ini pasti terlihat lebih bersih tanpa perlu mencoret-coret tulisan di dalam.

  1. Lakukan Kegiatan Membaca Sesering Mungkin

Anda bisa meningkatkan kapasitas membaca secara terus menerus. Hal ini dapat mengasah kemampuan dalam mengolah kata serta mempelajari banyak kosa kata baru. Jika biasanya menyelesaikan satu buku selama seminggu, coba ditingkatkan sampai dua atau tiga misalnya.

Tidak harus buku yang perlu Anda baca, dongeng anak-anak dalam bahasa Inggris pun bisa menjadi referensi. Selain itu bertukar jenis bacaan bersama teman juga dapat dilakukan untuk menambah alternatif, hal ini pastinya membuat proses belajar bahasa Inggris menjadi lebih asyik dan bervariasi.

Lebih Lengkap Klik Di sini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Belajar Bahasa Inggris Lengkap Untuk Pemula"

Post a Comment