4 Jurus Jitu Untuk Mempersiapkan UNBK


Selamat malam sahabat ruang tanpa batas, sudah siapkah semuany untuk menghadapi UN yang tinggal beberapa bulan ke depan, hayo sampai dimana kalian dalam memahami materi yang akan di uji, sudah siapkah kalian menghadapi Ujian Nasional (UN) online atau UN Berbasis Komputer (UNBK) nanti? Kalau belum, Ruang Tanpa Batas akan memberikan beberapa tips dan trik dalam  mempersiapkan diri menghadapi UNBK. Apa saja ya tipsnya? Yuk, simak pembahasannya berikut!



1. Baca dan Pahami Kembali Materi Pembelajaran

Tentunya, saat UNBK kalian akan menghadapi soal dari materi yang telah dipelajari di kelas. Oleh karena itu, kalian harus dan wajib untuk membaca kembali materi-materi yang telah dipelajari.

Hal ini  tentu berfungsi untuk menyegarkan dan mengembalikan  ingatan kalian akan materi pembelajaran yang telah dipelajari. Setelah luamayan lama belajar, pasti ada materi pembelajaran yang kalian lupa pastinya kelupaan. Dengan membaca kembali materi pembelajaran maka kalian akan kembali ingat materi tersebut.

Membaca kembali materi itu harus dimulai dari pelajaran terakhir yang dipelajari di kelas. Setelah kalian sudah memahami kembali atau ingat dengan materi tersebut, barulah pelajari materi-materi yang  lampau. Jangan sampai kalian tidak mempelajarinya karena kemungkinan materi lama akan muncul dalam soal UNBK.

2. Beradaptasi dengan Komputer

Namanya aja UN online pastinya dilaksanakan menggunakan komputer. Oleh karenanya, kalian harus dan wajib bisa menguasai pengoperasian komputer. Kalian pun wajib tahu istilah-istilah yang ada pada komputer.

Untuk itu, mulai dari sekarang kalian sudah harus terbiasa menggunakan komputer. Mulailah mempelajari penggunaan komputer. Mulai dari cara menyalakannya hingga melengkapi pengetahuan akan istilah komputer.
Ada beberapa hal yang harus kalian kuasai.

  • Pertama ialah cara logi Untuk mengikuti UNBK, kalian harus bisa login pada laman khusus. Kalian harus sudah mengetahui mekanisme untuk login UNBK. Cari informasi mengenai pelaksanaan UNBK terdahulu, baik itu dari guru maupun dari kakak kelas yang sudah lulus atau melalui internet.
  •  Kedua, kalian sudah memahami istilah komputer.Berbagai pengetahuan istilah komputer bisa kalian ketahui dari berbagai macam sumber. Cobalah searching agar kalian tidak kebingungan pada  saat mendapat penjelasan pelaksanaan UNBK saat pelaksanaannya nanti
  • Dan, terakhir, terbiasalah dengan layar komputer Hal ini sangat penting karena akan berkaitan dengan stamina kalian saat pengerjaan soal. Jangan sampai mata kalian letih saat mengerjakan UNBK nantinya.


3. Siapkan Fisik dan Mental

Persiapan fisik tergolong penting jika kalian ingin mendapatkan hasil yang maksimal pada pelaksanaan UNBK 2019 nanti. Untuk itu, kalian harus selalu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.  Jika kalian suka berolahraga, gunakan hobi kalian tersebut untuk menjaga kebugaran.

Selain itu, mulailah latihan untuk kekuatan stamina mata. Jangan sampai mata kalian cepat lelah pada saat menatap layar komputer.

Untuk melatihnya, kalian jangan memaksa atau bisa disebut goyo untuk menatap terlalu lama layar komputer. Cukup membiasakan diri dengan pancaran cahaya dari layar. Jika  kalian menatap terlalu lama layar komputer tentu akan berdampak negatif, salah satunya ialah mengurangi daya penglihatanmu.

Jangan lupa, kalian juga harus menjaga kesehatan pada saat menjelang waktu pelaksanaan UNBK. Jangan sampai kalian sakit dan tidak dapat mengikuti UNBK ya!
Persiapan mental juga tidak kalah penting lho! Sebab, kalau mental kalian tak terlatih maka akan menyebabkan kepanikan saat pelaksanaan UNBK.

Melatih mental untuk menghadapi UNBK cukuplah mudah. Pertama, kalian harus terbiasa bersikap tenang dalam situasi apapun. Ketika kalian panik, biasakan untuk menarik nafas panjang dan menghembuskan nafas perlahan. Melakukan itu pastinya akan membuat kalian lebih tenang.

Selanjutnya, latihlah kepercayaan dirimu. Untuk melatihnya, kalian cukup membiasakan diri yakin akan apapun yang kalian kerjakan. Dengan sering melatih kepercayaan dirimu maka kalian akan terbiasa tenang dan yakin ketika mengerjakan suatu hal.

Jadi, persiapan fisik dan mental cukup penting untuk menghadapi UNBK 2018. Kalau kalian tidak melakukan persiapan itu, maka kalian akan panik dan lelah saat pelaksanaan UNBK.

4. Melatih diri dengan Mengerjakan Latihan Soal

Yuhu, inilah persiapan wajib yang jangan sampai kalian tidak  lakukan. Meskipun disekolah atau di tembap bimbel kalian mengerjakan soal soal latihan, tambahkan waktu di rumah untuk mengerjakannya juga Tanpa melakukan latihan soal pastinya kalian tidak akan siap menghadapi ragam soal yang muncul.

Latihan soal itu akan memberikan banyak wawasan dan pengetahuan yang beragam, soal yang mungkin keluar saat UNBK. Sering menghadapi latihan soal maka kalian dapat memprediksi materi apa saja yang muncul nanti.

Selain itu, dengan latihan soal tentu akan memberikan kalian kesempatan untuk menyusun strategi dalam mengerjakan soal pada saat UNBK. Strategi itu akan membantu kalian untuk memaksimalkan waktu pengerjaan soal sehingga tidak ada waktu yang terbuang hanya untuk mengerjakan satu soal.

Nah diatas kiranya tips-tips untuk mempersiapkan diri menghadapi UNBK 2019. Setelah persiapan itu semua, jangan lupa terus berdoa dan meminta restu orang tua. Sebab, dengan doa dan restu orang tua maka kalian akan mendapat kemudahan ketika mengikuti UNBK nanti. Tetap semangat!!!!!


Subscribe to receive free email updates: