Cara Instal WIndows 10 Lengkap dengan Gambar


Tutorial Menginstal Windows 10


Salam Tanpa Batas, Kali ini tutorial yang akan saya bagikanyaitu mengenai cara menginstall (ulang) windows 10. Seperti yang kita ketahui bahwa windows 10, sistem operasi besutan Microsoft ini mengundang perhatian khusus bagi pengguna komputer di era milenia. Banyak dari mereka yang meng-upgrade sistem operasi lama mereka ke windows 10. Terbilang wajar-wajar saja, mengingat interface dari windows 10 ini sangatlah elegan dan jauh lebih keren. Tampilan windows 10 merupakan kolabirasi dari windows 7 dan windows 8. Sebelum cara pengoperasian windows 10 anda perlu tahu juga, dan cara menginstallnya pun hampir mirip dengan cara menginstall windows 8. Selengkapnya baca baik-baik tutorialnya sampai habis supaya nantinya tidak ada masalah ketika proses instalasi windows 10 nya.

Cara Menginstall Windows 10 untuk Pemula
Sebelum anda menginstal sistem operasi windows 10, terdapat  beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya sebagai berikut :
  • Siapkan USB installer windows 10 nya terlebih dahulu guys, karena tutorial kali ini menggunakan USB untuk media instalasinya.
  • Agar booting pertama kali dari USB, silakan setting terlebih dahulu boot device priority pada menu BIOS.
  • Jika yang diinstall laptop, maka colokkan charger dikarenakan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses instalasi windows 10, jangan sampai batrei habis waktu melakukan instalasi.
  • Seperti biasa, siapkan beberapa camilan atau bisa juga sambil dengerin musik, karena sudah saya singgung dipoin sebelumnya bahwa proses instalasi windows 10 cukup lama. Proses instalasinya kurang ½ jam dan setengah jam itu sangat lama bagi saya, hehehe nginstallnya nyantai saja sambil nyemil atau makan dan apa saja deh, yang penting bisa membuat anda gak jenuh menunggu atau boleh baca artikel lain di blog saya. Hehehe.


Cara Menginstal Windows 10
Untuk menginstal Windows 10 pada komputer dan laptop :
1. Pertama nyalakan komputer atau Laptop. Tutorial ini Khusus yang menggunakan Flashdisk sebagai media instalasi, masukan terlebih dahulu Flashdisknya sebelum PC dinyalakan, agar terdeteksi sama PC.
2.   Atur “Boot” atau “Booting” Pertama pada Menu BIOS atau UEFI (Tampilan bermacam-macam tergantung MERK).

Masuk Menu BIOS dengan menekan tombol “Del” terus-menerus dengan cepat SAAT menyalakan PC, mungkin di merk lain dapat menekan tombol F1 / F2 / F9 / F10. Mungkin juga sambil menekan tombol “fn” sama-sama dengan F1 / F2 dst, supaya tombol tersebut berfungsi.
Sesudah masuk Menu “BIOS”, kemudian cari “Boot” dan Pastikan Booting pertama menggunakan Flashdisk sebagai medianya. Boot ini pada merk lain terkadang harus dicari dan disesuaikan, cari aja sampe ketemu
3.    Masukan USB Bootable Windows 10
4.   Jika pengaturan Boot sudah benar, maka simpan atau “save” dan “restart”, nanti akan tampil seperti gambar dibawah, kemudian tekan ENTER untuk memulai proses instalasinya.

5.    Pilih Bahasa “English” kemudian klik “Next”.

6.    Klik “Install now” untuk melanjutkan.
7.    Masukan “Product Key” windows 10.

8.    Klik kotak kecil “I Accept the license terms”, dan kemudian klik “Next”.

9.    Pilih “Custom: Install Windows only (Advanced)”. Ini adalah prosedur “Clean Install” dan mulai instalasi dari awal agar sistem operasi terbebas dari virus dan bersih.

10. Atur Partisi untuk memilih penginstalan sistem sesuai dengan keinginan. Namun harap tetap diingat Partisi sistem operasi sebelumnya harus dihapus dengan menekan “Delete” kemudian ganti dengan partisi baru.

Pengaturan ini bisa dilakuin memakai kursor mouse yang di atur pada partisi tertentu, nanti tombol pengaturan lengkap akan tersedia.
  •           “New” untuk membuat Partisi baru.
  •           “Delete” untuk menghapus Partisi.
  •       “Format” untuk format Partisi.
  •    Diperhatikan kembali, dan pastikan Partisi yang berisi data penting tidak terhapus, ini merupakan langkah yang sangat penting dan harus hati-hati, dan jika tidak yakin simpan aja dulu data penting pada tempat lain yang aman dan ulangi lagi prosesnya dari awal.
  •      Atur kursor pada partisi yang diinginkan untuk instalasi windows yang baru, kemudian klik Next seperti gambar di atas untuk melanjutkan.

11.  Memulai proses transfer dan instalasi secara otomatis

Tahap ini berlangsung otomatis, nanti akan restart juga secara otomatis selama beberapa kali dan biarkan saja jangan klik apapun sampai pada gambar berikutnya.
Kalo waktu proses ini ada “error” (getting files ready for installation), itu artinya memori kurang bagus alias rusak, bisa di coba ulang kembali prosesnya atau ganti memorinya.
12.  Setelah selesai, maka Flashdisknya WAJIB dicabut ketika restart, agar tidak terjadi       pengulangan.
13.  Setelah restart otomatis beberapa kali, nanti diminta memasukan data nama dan           pengaturan, bisa diisi bebas.
14.  Kalo udah mengisi datanya akan muncul dan terlihat  gambar berikutnya seperti ini.

15.  Selesai.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Instal WIndows 10 Lengkap dengan Gambar"

Post a Comment