8 Kunci Sukses Menghadapi Ujian


8 Kunci Sukses Menghadapi Ujian 


Ujian Sebentar lagi dan sudah dekat, tinggal beberapa hari lagi. Seperti biasa, Ujian sekolah digelar di akhir setiap semester  atau disesuai kan dengan kalender pendidikan masing-masing sekolah. Dan yakinlah kalau kamu pasti sudah giat belajar. Tapi sesiapnya kamu, kamu pasti harap – harap cemas soal tingkat kesulitan Ujian. Kamu memang layak khawatir.
Maka dalam artikel kali ini saya ingin membagikan tips yang sekiranya kamu bisa lakukan menjelas atau dalam mempersiapkan amunisi untuk menghadapi Ujian Sekolah. Berikut adalah 8 hal yang dapat kamu lakukan untuk menghadapi Ujian Semester. Simak dan semoga berhasil serta selamat mencoba..!!!

1.    Menjaga Kesehatan dan Stamina Tubuh

Tentu saja yang utama dan paling utama adalah Kesehatan dan Stamina tubuh. Bagaimana mau belajar jika kamu sakit dan tidak dalam kondisi prima. Jaga dengan cara mengaturpola makan dan berolahragalah secara teratur. Dengan demikian maka dengan sendirinya gairah belajar kamu akan meningkat. Ingat jangan terlalu berlebihan untuk berolahraga, karena berolahraga akan mneguras tenaga dan energi dalamm tubuh. Jadi lakukan secara teratur dan terjadwal.

2.     Mempelajari Semua Mata Pelajaran yang akan Diujikan

Sekolah pasti akan memberikan latihan ujian berupa  try out, bimbingan, dan lain sebagainya. Ada baiknya untuk  kamu memanfaatkan program – program  yang diberika sekolah ini semaksimal mungkin. Dengan demikian, kamu sudah terbiasa mengerjakan sebelum menghadapi tes aslinya.

3.     Latihan dengan soal-soal

Dari tahun ke tahun, yang namanya ujian nasional sama saja namun bedanya hanya bahasa dan subjectnya, tentu materi dan isinya smaa, jika matematika hanya angkanya saja yang berubah, bahasa inggriis juga demikian teks nya yang berubah, tetapi ini content nya hampir sama bahkan sama. Soalnya pun sebenarnya tidak jauh berbeda. Jadi, banyak-banyaklah berlatih soal di rumah atau ketika kamu main dirumah temen, nongkrong, apa salahnya coba bawa lembaran kertas yang isinya materi belajar, kan bisa tuh sambil bercanda dan lain sebagainya. Banyak sumber yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan soal latihan. Misalnya dari buku kisi – kisi dan banyak kok disediain sama mbah google.

4.     Membuat Kelompok Belajar

Belajar sendiri mungkin membosankan. Pastinya, maka segera mengajak beberapa orang mungkin bisa membuat suasana belajarmu lebih enjoy. Asal kamu tetap fokus dengan tujuan utamamu: belajar, bukannya nongkrong dan lain sebagainya yang membuat kamu lalai akan kegiatan awal tadi yaitu belajar. Jangan nanti setelah ngumpul, ehhh, malah asik dengan aktifitas masing masing atau malah ngobrol ngalor ngidul.

5.     Buat Suasana Belajar Menjadi Nyaman

Belajar mungkin akan jadi lebih ringan ketika kamu sedang dalam mood untuk belajar. Dan itu sudah menjadi hal yang pasti, jika mood kamu dalam kondi yang tidak baik maka untuk melakukan apapun itu pasti tidak akan pernah nyaman, apalagi untuk belajar. Jadi, kamu perlu banget untuk menciptakan suasana belajar yang nyaman buatmu. Misalnya belajar di kamar yang bersih, atau memancing sambil belajar deret, bahasa inggris atau apapun itu.

6.     Mencari Sebanyak Mungkin Referensi Belajar

Kamu pasti merasa lebih tenang dan siap waktu ujian jika kamu tahu kalau jauh-jauh hari sebelumnya kamu sudah mempersiapkan materi – materi ujian selengkap dan sebaik mungkin . Untuk meningkatkan rasa percaya diri, kamu bisa berburu referensi materi pelajaran di perpustakaan sekolah, melalui online seperti di ridiawan.blogspot.com, belajar dari temanmu yang menguasai materi tersebut, dan rajin bertanya pada guru mapel yang bersangkutan.

7.     Mereview Materi-mater yang telah diajarkan oleh guru

Sekedar memancing ingatan dan memanggil materi yang ada dalam otak kamu  bisa mulai baca-baca lagi setiap materi yang kamu punya agar nanti bisa lebih mudah dipanggil kembali di dalam ingatanmu saat kamu sedang fokus mengerjakan soal. Jadi, kamu perlu menyiapkan catatan singkat yang bisa kamu baca setiap saat.

8.     Hindari hal yang yang dapat mengalihkan pembelajaranmu

Perhatianmu akan teralihkan jika waktu belajar, Instagram-mu masih menyala. Whats up gebetan atau pacar dan sejenisnya yang dapat mengalihkan perhatian dan fokusmu. Ada baiknya semasa Ujian di ambang mata, kamu jauhi hal – hal lain yang bisa mengganggu konsentrasi belajar. Karena biar bagaimanapun, cara agar sukses ujian itu adalah dengan belajar, bukannya sibuk di Facebook atau sosial media kamu yang lain.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Kunci Sukses Menghadapi Ujian"

Post a Comment