BAGAIMANA CARA MEMULAI TAHUN AJARAN BARU DI SEKOLAH



BAGAIMANA CARA MEMULAI TAHUN AJARAN BARU DI SEKOLAH


1.    Merancang sebuah pelajaran untuk hari pertama masuk sekolah
2.    Mempelajari lebih banyak hal tentang siswa anda
3.    Membantu siswa untuk saling mengenal satu sama lain

Saya tidak melupakan dihari pertama kali mengajar, dimana rasa gugup bercampur dengan rasa yang tak menentu, karena sebagai pengajar muda masih sangat banyak hal yang harus diperlajari sebelum masuk ke dalam kelas pertamanya.

Hal ini wajar terjadi karena diawal masuk ke dalam kelas dimana kita belum mengetahui seluruh isi dan karakter siswa tentu akan membuat kita bertanya, bagaimana cara untuk memulainya, bagaimana nanti jika mereka tidak nyaman dan tidak suka dengan kita, apakah saya dapat masuk ke dunia mereka,? Ops, jangan panik, kali ini saya akan membagikan artikel bagaimana memulai tahun ajaran baru di kelas. Tentu simak sampai dengan paragraf terakhir ya ..

Hari ini adalah hari pertama masuk sekolah dan ada banyak yang harus kita perhatikan baik oleh anda sebagai guru maupun siswa anda. Untuk para siswa terdapat hal yang perlu disiapkan layaknya seragam sekolah, perlengkapan sekolah, rute bus sekolah, loker penyimpanan buku, jadwal mata pelajaran dan masih banyak lagi. Untuk para guru, jugaterdapat beberapa hal yang wajib di persiapkan, seperti daftar kelas, jadwal bel, pembacaan pengumuman di hari pertama dari ruang kantor, daftar siswa dari ruangan konseling, bukuu siswa, buku pegangan guru. Bagi para guru dan siswa, hari pertama masuk sekolah merupakan hari yang sangat penting dan berharga bagi keduanya. Inilah hari dimana para siswa dapat menilai kita apakah berkompeten atau tidak sebagai guru, baik atau jahat, adil atau tidak dan perhatian atau tidak.

Salah satu hal terpenting yang  dapat kita lakukan, merancang pelajaran pada hari pertama masuk kelas ditahun ajaran baru. Beberapa guru menghabiskan jam kelas hari itu dengan mengatur tempat duduk, membacakan daftar siswa dan peraturan sekolah yang sangat panjang. Jika semua guru melakukan hal itu dann sama maka masa orientasi siswa sama saja tidak berarti untuk para peserta didik. Dan ini bukanlah hal yang diinginkan oleh sekolah dan dan para guru serta siswa, tetapi inilah kondisi yang sebenarnya dan selama ini dipersepsikan oleh siswa, dan merupakan hal yang sangat sulit untuk dipungkiri.

Sebagai guru yang baik tentu kita ditegaskan untuk peduli dengan kedisiplinan “Jadilah tegas pada hari pertama mengajar di kelas”, ini merupakan himbauan untuk semua guru dalam hal metode mengajar. Tetapi apa yang terjadi jika siswa merasa takut untuk berbicara? Tentu ini ada batasannya, posisi anda menegaskan anda kepada siswa bahwasanya anda adalah seorang guru. Bagaimana anda menjelaskan bahwa anda ingin melakukan tugas dan fungsi anda, akan menjadi menyenangkan jika anda menjalskan secara baik dan terorganisir. Mulailah menciptakan kondisi dan suasana kelas sesuai dengan yang anda inginkan sejak hari pertama kali masuk kelas. Jika anda ingin membacakan peraturan sekolah atau sekedaar untuk mengingatkan kepada siswa anda, dapat dilakukan pada hari berikutnya.


Referensi .

Mary Lou., 2013. Buku Panduan Guru Bahasa Inggris. Jakarta. PT Indeks


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BAGAIMANA CARA MEMULAI TAHUN AJARAN BARU DI SEKOLAH"

Post a Comment