Contoh RPP Bahasa Inggris Kelas VII


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Nama satuan pendidikan                 : SMPN 9 JAMBI
Mata Pelajaran                                   : Bahasa Inggris
Kelas/semester                                 : VII/1
Materi pokok                                      : It’s Me
Alokasi waktu                                    : 4 x 40 menit

A. Kompetensi Inti (KI)
1.   Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.   Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.   Memahami pengetahuan ( faktual, konseptual, dan prosedural ) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret ( menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat ) dan ranah abstrak ( menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang ) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.



B. Kompetensi Dasar dan Indicator Pencapaian Kompetensi:
Kompetensi Dasar (KD):
1.1. Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar Komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.3. Menunjukkkan perilaku tanggung jawab, percaya diri, kerjasama,  dalam melaksanakan Komunikasi fungsional
3.2.   Memahamifungsisosial, strukturteks, dan unsure kebahasaan pada teks perkenalan diri. Serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.
Indikator :
a.   Mengidentifikasi struktur kalimat yang digunakan dalam memperkenalkan diri
b.   Menanyakan identitas diri
c.   Merespon pertanyaan tentang identitas diri
4.2   Menyusun teks lisan dan tulis sederhana tentang perkenalan diri dengan sangat pendek dan
sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsure kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
Indikator :
1.   Mendemonstrasikan perkenalan diri dengan ucapan dan intonasi yang baik.
2.   Menuliskan beberapa kalimat sederhana tentang memperkenalkan diri.

C. Tujuan Pembelajaran       :
1.    Siswa dapat mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks perkenalan diri.
2.    Siswa dapat menyusun teks lisan dan tulis sederhana tentang perkenalan diri.

D.     Materi  Pembelajaran   :
1.    Teks lisan dan tulis sederhana untuk menyatakan, menanyakan, dan merespon perkenalan diri
2.    Fungsi sosial
Memperkenalkan diri untuk menjalin hubungan interpersonal dengan guru dan teman.
3.    Struktur teks
My name is ..., I’m ..., I live in ..., What’s your name?, Where do you come from
4.    Unsur kebahasaan
Ø  Kosa kata : name, old, live, favorite, spell
Ø  Tata bahasa :To be : is , am , are.kata ganti I, he, she, they;
Kata ganti kepunyaan, my, your, his, their)
Ø  ucapan,
Ø  tekanan kata,
Ø  intonasi.

E.   Metode Pembelajaran
-          Pendekatan                 : Scientific Approach
-          Model pembelajaran   :
-          Metode                        : grouping


F.    Sumber Dan Media Pembelajaran
1.    Sumber                       : 2013. When English Rings The Bell. Jakarta. Kemendikbud.
2.    Media                          : LCD, Video Introduction

Pertemuan 1
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
Ø  Guru memberi salam
Ø  Guru memotivasi siswa
Ø  Guru menyampaikan apersepsi
Ø  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

5 menit
Inti
Mengamati ( Observing )
Ø  Siswa mengamati guru memperkenalkan dirinya sendiri secara lisan.
Ø  Siswa mengamati teks tentang perkenalan diri.
Ø  Siswa mendengarkan guru membaca teks tentang perkenalan diri dan menirukan ucapan guru
Ø  Siswa melihat video pendek tentang perkenalan diri ( supplemen guru )
Menanya ( Questioning )
Ø  Guru member kesempatan kepada peserta didik untuk mempertanyakan dan menanyakan gambar-gambar yang ada pada teks tentang perkenalan diri
dengan memberikan situasi atau stimulan sehingga siswa memahami struktur teks perkenalan diri seperti : -I’m ..
My name is... I live...
- What’s your name ?-when were you born ? Where are you from ? What’s your address ? what’s your hobby ? What’s your favorite color ?
Ø  Siswa bisa membedakan ungkapan perkenalan diri dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Mengumpulkan informasi :
Ø  Guru menyuruh peserta didik bertanya jawab tentang perkenalan diri secara berkelompok. role play.
60 menit
Penutup
Ø  Siswa membuat Jurnal Belajar ( refleksi )
Ø  Guru memberi tugas kepada siswa secara berkelompok untuk mengerjakan Projek mencari contoh kartu identitas WNI &WNA dari sumber lain
15 Menit

Pertemuan 2
Kegiatan
Deskripsi
Alokasi waktu
Pendahuluan
Ø  Guru memberi salam
Ø  Guru memotivasi siswa
Ø  Guru menyampaikan apersepsi
Ø  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran

5 menit
Inti
Mengasosiasi :
Ø  Guru menyuruh siswa untuk membandingkan ungkapan perkenalan diri yang telah dipelajari dengan yang ada di berbagai sumber lain.
Ø  Guru  mengkonfirmasi struktur teks, unsur kebahasaan yang ada pada ungkapan perkenalan diri seperti : I’m ..., My name is..., Tobe ( is, am, are ) kata ganti ( he,she, they, we, .. )
Mengkomunikasikan :
Ø  Siswa secara individu mendemonstrasikan perkenalan diri dengan ucapan dan intonasi yang baik di depan kelas
60 menit
Penutup
Ø  Siswa membuat Jurnal Belajar ( refleksi )
Ø  Guru memberi tugas kepada siswa secara individu untuk mengerjakan Projek membuat poster tentang identitas orang yang disukai. ( Activity 12-13 )



G.   Penilaian
1.    Jenis/teknik penilaian
a.    Aspek pengetahuan
-          Jenis/teknikpenilaian      : Testulis
b.    Aspek Ketrampilan
-          Jenis penilaian : Unjuk kerja
c.     Aspek Sikap
-          Jenis Penilaian : Observasi, Penilaian teman sejawat.

1.    Bentuk instrument
              i.    Bentuk :  Tes tulis
1.    Please write your identity
Hello, my name is ........................
I am .................... years old
I am a student of ...................
I live in ......................
My favorite color is ................
My favorite food is ............
Nice to meet you.
             ii.    Tes lisan
1.    Describe your identity in front of the class




2.    Rubrik Penilaian

Format PenilaianIndividu
NamaKegiatan                  : ____________________________________________
TanggalPelaksanaan        : ____________________________________________
Nama                                : ____________________________________________
NIS                                    : ____________________________________________ 
No
Aspek yang Dinilai
Nilai
Knowledge

1
Tujuan Komunikatif

2
Keruntutan teks

3
Pilihan kosa kata

4
Pilihan Tata Bahasa







Attitude

1
Kerja sama

2
tanggungjawab

5
Percayadiri (confidence)

Writing Skills

1
Kesesuaian isi dengan judul

2
Keruntutan teks

3
Pilihan kosa kata

4
Pilihan Tata Bahsa




Speaking Skills

1
Pengucapan ( Pronounciation)

2
Intonasi ( Intonation )

3
Kelancaran ( Fluency )

4
Ketelitian ( Accuracy )



Total

Rata-Rata


3.    Pedoman penskoran
a.    Untuk tes tertulis:
-          Untuk setiap jawaban benar = 1
-          Jawaban kurang benar = 1
-          Jawaban salah = 0,5
-          Tidak menjawab = 0
Nilai = jumlah score X 10
                            6
b.    Untuk tes lisan
-          Skala penilaian dibuat rentang dari 1 s.d 5.
-          Penafsiran angka:
a. 1      = sangat kurang
b. 2      = kurang
c. 3      = cukup
d. 4      = baik
e. 5      = amat baik

Jambi,                       2014
Mengetahui,
Guru Pamong                                                                         Mahasiswa PKM


Fitrizal, S.Pd                                                                          Arif Ridiawan
NIP. 1964 0204 1987 031007                                                NIM. TE. 110551


1.   Observasi: 
Lembar Pengamatan Sikap Peserta didik


No
                            Indikator Sikap.

Nama Peserta didik.
Bertanggung Jawab
peduli
Kerjasama
Percayadiri
Santun
1






2






3






4






Note: Setiap aspek menggunakan skala 1 s.d. 5
1 = SangatKurang  2 = Kurang  3 = Cukup 4 = Baik   5 = AmatBaik
2.   Portofolio
Rubriks Portofolio (Format 1)
Nama Peserta didik         : ________________________________________
Kelas                                :  _______­­________________________________
Guru                                 : ________________________________________
NO
Kreteria                                     Aspek
SB
B
C
K
1.
Ada kumpulancatatankemajuanbelajar
5
kreteria terpenuhi
4 Kreteria terpenuhi
3 Kreteria terpenuhi
≤ 2 kreteria  terpenuhi
2.
Ada rekaman monolog teksdeskriptif
3.
Ada kumpulankaryapesertadidik yang mendukung proses penulisanteksdiskriptifberupa: draft, revisi, editing sampaihasilterbaikuntukdipublikasi
4.
Ada kumpulanhasiltesdanlatihan.
5.
Ada catatanpenilaiandiridanpenilaiansejawat

3.   Penilaian Diri
Bentuk: jurnal belajar
Contoh Format:
My Learning Journal
Name:
A summary of what I have covered:
Things I am still not sure of:
What do I need to do to overcome these uncertainties?
Things I have  learned successful today:
4.   PenilaianSejawat
Berupa komentar


Jambi,                       2014
Mengetahui,
Guru Pamong                                                                         Mahasiswa PKM


Fitrizal, S.Pd                                                                          Arif Ridiawan
NIP. 1964 0204 1987 031007                                                NIM. TE. 110551


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh RPP Bahasa Inggris Kelas VII"

Post a Comment